Prospek Bisnis Online di Masa Mendatang

Selasa, 03 September 2013

Bisnis online atau e-commerce di tanah air kita ini mempunyai potensi pasar yang sangat besar. Hal tersebut disebabkan masyakat di indonesia sebagaian besar sudah dapat mengakses internet dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Kemudian pertanyaannya kenapa usaha online di negara ini bisa tumbuh dengan subur. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya campur tangan pemerintah dan karena tidak adanya regulasi. Sehingga environment bisa bebas.


Berdasarkan data dari MasterCard Worldwide, sekitar 57% masyarakat Indonesia sudah akrab dengan ide belanja online. Jumlah bisnis yang didirikan secara online dikabarkan terus tumbuh setiap harinya. Dan dapat dipastikan bahwa untuk tahun 2013 dan tahun berikutnya prospek bisnis online akan jauh sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Tak perlu memiliki keterampilan khusus dalam bidang Informatika dan Komunikasi untuk menggeluti bisnis ini. Internet menyediakan jutaan cara yang mudah untuk memulai bahkan bagi pemula yang sangat awam. Pembuatan blog atau website yang biasanya digunakan sebagai alat sudah dilengkapi dengan sistem GUI (Graphic User Interface) atau sistem berbasis gambar. 

Saat website atau blog sudah jadi, pengusaha disarankan untuk menambah kemampuan promosi, mengingat melimpahnya saingan dalam dunia maya, penjual harus pintar-pintar dalam menggaet hati pembeli. Banyak cara yang ditawarkan oleh internet untuk hal ini, salah satunya adalah Google Adwords.


Ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh Google dalam bentuk iklan singkat saat seseorang menuliskan kata kunci (keyword) di kolom mesin pencarian yang paling banyak digunakan di dunia ini. Tak perlu khawatir dengan proses pembuatan karena sudah banyak perusahaan online yang menawarkan jasa adwords untuk pengusaha-pengusaha yang ingin memulai bisnisnya melalui dumay. Iklan adwords menggunakan sistem PPC (Pay Per Click) sehingga meski biayanya terkesan mahal, sebenarnya hasil yang didapatkan dari adwords jauh lebih besar. 


Logikanya :

Pada minggu pertama,

Hasil = 1.000 klik per hari = 7.000 klik dalam seminggu

Seburuk buruknya nilai transaksi adalah 10% dari total jumlah klik

Kemudian jika keuntungan bersih penjualan per produk adalah Rp20.000,- (dua puluh ribu rupiah)

Maka 7.000 klik x 10% x Rp20.000,- = Rp 14.000.000,-

Pada minggu kedua,

Hasil = 2.000 klik per hari = 14.000 klik dalam seminggu

Seburuk buruknya nilai transaksi adalah 10% dari total jumlah klik

Kemudian jika keuntungan bersih penjualan per produk adalah Rp20.000,- (dua puluh ribu rupiah)

Maka 14.000 klik x 10% x Rp20.000,- = Rp 28.000.000,-


Jadi, masih ragu untuk memulai?




0 komentar:

Posting Komentar

 
Taste of Business and Enterpreneurship © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions