Berani Rugi, Pebisnis Sejati

Kamis, 04 Juli 2013


Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang. Tidak hanya bekerja di kantor, menjalankan bisnis sendiri pun sekarang semakin diminati banyak orang. Tetapi, menurut perencana keuangan ,Aidil Akbar Madjid , ada langkah-langkah yang perlu dipersiapkan sebelum Anda mulai sebuah bisnis.
 
1. Ubah pandangan Anda
Ketika Anda ingin mulai berbisnis, banyak orang yang menyangka hal itu memerlukan modal (uang) yang besar. Padahal, modal tidak harus berasal dari uang. Modal bisa berupa keterampilan, ilmu, waktu, dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah keberanian.

“Keberanian turut mengiringi. Bahkan, jika Anda mempunyai ide bisnis yang bagus, maka ide tersebut dapat Anda presentasikan kepada pihak yang mempunyai uang untuk bisa memodalinya,” tutur Aidil. 


2. Bersikaplah sebagai pebisnis sejati
Sebuah hobi memang dapat dijadikan bisnis untuk Anda. Tetapi, ketika ingin menjadikan hobi menjadi peluang bisnis dan usaha, harus ada kedisiplinan dan komitmen yang besar agar bisnis tersebut berjalan lancar.

Pastikan pada saat memulai bisnis, Anda mempunyai mental bisnis terlebih dahulu. Anda harus berani menghadapi situasi saat bisnis mengalami kerugian dan segera bangkit untuk mengembalikan kondisi bisnis menjadi stabil. Termasuk dalam bisnis waralaba (yang sudah sukses). 

3. Cermat memilih jenis usaha
Pada saat memulai suatu usaha, ada dua pilihan, yaitu membangun brand sendiri atau membeli waralaba. Namun, banyak orang yang salah kaprah mengenai konsep waralaba. Tidak sedikit yang mengira, membeli waralaba itu merupakan suatu investasi. Padahal, saat membeli waralaba artinya tetap ada bisnis yang harus dijalankan. Anda harus siap seperti sedang memulai bisnis baru. Kelebihan yang kita dapatkan dari waralaba yaitu brand-nya. Itu tujuannya untuk target market. 

4. Bisnis perlu waktu 

Anda juga harus menyiapkan waktu. Tidak ada bisnis yang bisa dilepas tangan. Misalnya, saat Anda memilih bisnis di waralaba, Anda juga harus melihat tempatnya, melakukan riset mengenai apa yang ditawarkan franchiser dari waralaba tersebut, menentukan target market, dan lain sebagainya.

Setelah persiapan selesai, sekarang saatnya memulai bisnis Anda dan yakinlah bahwa Anda pasti bisa!
Sumber : kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Taste of Business and Enterpreneurship © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions