Masalah Listrik, Masalah atau Peluang?

Kamis, 21 November 2013

Krisis energi listrik di Indonesia belakangan ini dirasakan semakin mengganggu semua kalangan masyarakat. Mulai dari perusahaan industri hingga kereta listrik terkena dampaknya. Padahal listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia untuk melangsungkan hidupnya.

Krisis listrik ini dapat dilihat dari 2 segi yakni keprihatinan dan peluang. Bila kita melihat dari segi peluang usaha dan peluang bisnis maka krisis yang kemungkinan tidak akan dapat teratasi dalam waktu yang singkat ini telah membuka satu peluang usaha baru yakni usaha dan bisnis genset (generator set). Ada 2 jenis penawaran yang dapat diberikan yakni sewa atau menjual dengan fasilitas kredit mengingat meningkatnya penjualan genset akhir-akhir ini.


Pangsa Pasar
Pangsa pasar dari usaha dan bisnis genset ini dapat datang dari dunia usaha mikro dan kecil termasuk rumah tangga. Usaha menengah dan besar tidak termasuk dalam target pasar usaha ini karena kebutuhan listrik yang dibutuhkan juga tidak kecil. Usaha mikro dan kecil ini termasuk wartel, warnet, konfeksi, home industry, foto copy, rumah makan termasuk tempat pesta pernikahan. Untuk kalangan rumah tangga datang dari rumah tangga yang memiliki anak kecil/bayi dan ac dirumah.

Hal-hal Yang Dibutuhkan
Hal pertama yang dibutuhkan adalah tempat untuk menata genset yang akan ditawarkan kepada konsumen. Ruangan yang tertata rapi (tidak perlu mewah) akan memberikan kesan yang enak bagi calon pelanggan/pembeli pada saat mereka datang. Hal kedua yang dibutuhkan adalah petugas yang dapat memberikan keterangan yang baik sesuai dengan kebutuhan konsumen. Menganalisa jenis genset yang akan ditawarkan. Apakah itu avr genset, ataukah filter genset atau yang lainnya. 

Kendala
Cukup maraknya penjualan spare part genset belakangan ini dapat menjadi salah satu kendala. Namun bila anda dapat menawarkan suatu nilai tambah kepada konsumen maka mungkin krisis kelistrikan ini dapat menjadi berkah untuk anda.

Tips
Bila anda ingin berhasil dalam bisnis ini maka hal yang perlu anda tanyakan kepada diri anda sendiri adalah “Mengapa konsumen harus membeli dari anda bila ada pesaing anda yang dapat menawarkan barang yang sama dengan harga yang sama?”

Salah satu hal yang dapat anda lakukan adalah dengan bekerjasama dengan usaha yang melakukan servis genset khususnya untuk konsumen yang membeli genset. Bagi penyewa genset mungkin anda dapat berikan discount setelah mereka menyewa genset dari anda untk kesekian kalinya. Atau tidak dikenakan ongkos angkut bila si penyewa minta untuk diantar, dsb. Selain itu juga bisa menawarkan jasa service genset, dan tentunya ini menjadi peluang bagi Anda untuk mengoleksi pelanggan setia. Tinggal Anda cari orang yang ahli dan Anda hanya perlu sebagai pengawas. 

Tertarik mencoba? 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Taste of Business and Enterpreneurship © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions